ISC Pertamina Mulai Tender Minyak Mentah

Ilustrasi. MI/Liliek Dharmawan


Jakarta: Unit Intregated Supply Chain (ISC) PT Pertamina (Persero) mulai menenderkan minyak mentah (crude) untuk memenuhi kebutuhan kilang pengolahan. Vice President ISC Pertamina Daniel Syahputra Purba mengatakan, tender crude tersebut untuk memenuhi kebutuhan kilang pengolahan pada April 2015.

"Kami sudah mulai lakukan tender," katanya di Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Menurut Daniel, pihaknya telah mengumumkan pelaksanaan tender tersebut pada Kamis (22/1/2015). Namun, dia mengaku tidak ingat volume crude yang ditenderkan. "Kami akan evaluasi penawaran yang masuk," ujar dia.

Untuk tender lanjutan, tambahnya, tergantung pada kebutuhan Direktorat Pengolahan untuk crude dan Direktorat Pemasaran untuk BBM. Daniel juga mengatakan, pihaknya menyeleksi peserta tender secara ketat. "Kami menjaga integritas dan transparansi," tukasnya.

Sesuai rekomendasi Tim Reformasi Tata Kelola Migas, ISC membuka kesempatan pada semua pihak termasuk pedagang (trader) yang kredibel untuk ikut dalam tender. Menteri ESDM Sudirman Said saat rapat kerja dengan Komisi VII DPR, Senin (26/1/2015) malam mengatakan, Pertamina akan menyeleksi secara ketat kelayakan pemasok crude dan BBM dengan memakai pihak independen.

"Dulu, waktu jaman saya, pernah akan meregistrasi ulang dan melakukan due dilligence atas kelayakan vendor. Namun, keburu diganti," katanya.

Sudirman tercatat pernah menjabat VP ISC selama enam bulan yakni periode September 2008 hingga Maret 2009.

Tim Reformasi Tata Kelola #Migas Kementerian ESDM merekomendasikan pengalihan peran tender impor minyak mentah dan BBM yang sebelumnya dilakukan Pertamina Energy Trading Limited (Petral) ke ISC Pertamina. Selama ini, Petral melakukan impor BBM sebanyak 8-10 juta barel per bulan dan minyak mentah 10 juta barel/bulan untuk kebutuhan Pertamina.

Tim juga merekomendasikan perombakan manajemen ISC. Sejak 30 Desember 2014, Pertamina menunjuk Daniel Purba yang juga salah satu Anggota Tim Reformasi Tata Kelola Migas sebagai VP ISC.

sumber: metronews.com



@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

ISC Pertamina Mulai Tender Minyak Mentah