Indonesia Jajaki Pembelian Minyak Langsung ke Irak

Indonesia Jajaki Pembelian Minyak Langsung ke Irak

JAKARTA - Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, Indonesia segera menjajaki kemungkinan pembelian langsung minyak ke Irak. Menurutnya, kerja sama ini akan menciptakan keuntungan besar karena patokan harga lebih murah.

"‎Menteri bisa ketemu menteri, jadi bisa kerja sama nanti. Selain itu, ini kan G-to-G (antar pemerintah) jadi akan lebih murah‎," ujarnya di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Menurutnya, dalam KTT Asia-Afrika yang digelar pada April mendatang, kedua negara akan melakukan pembicaraan lebih lanjut terkait kemungkinan kerja sama ini. Melihat produksi minyak Irak yang mencapai ‎3,5 juta bph, maka kerja sama selama 20-30 tahun akan memberikan keuntungan besar bagi Indonesia.

"Irak ini kan #produksinya banyak. Kalau suplai panjang, maka profitnya juga banyak. Kalau pimpinannya ke sini pas KTT Asia Afrika bulan April nanti, kita harap kerja samanya bisa berjalan, ‎kerja sama jangka panjang, jangka pendek, kita akan arrange," tambahnya.

Selain itu, lanjut Nyoman, tidak tertutup kemungkinan kedua negara melakukan kerja sama pengeboran. Saat ini, Indonesia hanya mampu menghasilkan 150-300 ribu bph. Sebab itu, kerja sama pengeboran minyak ini akan memberikan keuntungan kedua pihak.

sumber: sindonews.com



@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Indonesia Jajaki Pembelian Minyak Langsung ke Irak