Permohonan Dikabulkan, Jokowi Lantik Budi Gunawan Hari Ini?


Permohonan Dikabulkan, Jokowi Lantik Budi Gunawan Hari Ini? : aktual.co


"Pada kamar politik sudah selesai dengan adanya persetujuan DPR untuk memberhentikan Kapolri Sutarman dan mengangkat Budi Gunawan,"


Proses pencalonan Kapolri tak bisa dipisahkan dari otorisasi yang  berasal dari tiga kamar.

Hal ini dikatakan oleh Ketum PPP Romahurmuziy, saat menghadiri pertemuan dengan para petinggi Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dengan Presiden Joko Widodo, di Loji Gandrung, Solo, Sabtu (14/2).

Ketiga kamar tersebut adalah kamar politik, kamar etika publik, dan kamar hukum. Ketiganya saling melengkapi dan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.

"Pada kamar politik sudah selesai dengan adanya persetujuan DPR untuk memberhentikan Kapolri Sutarman dan mengangkat Budi Gunawan," kata pria yang akrab disapa Romi.

Pada kamar hukum, terdapat dua tinjauan yaitu UU kepolisian memperlakukan persetujuan DPR untuk nominasi Kapolri, sebagaimana TNI. Saat lain, terjadi proses gugatan praperadilan yang diputus hari ini, Senin (16/2).

Diketahui, Senin (16/2) siang, Hakim tunggal PN Jaksel Sarpin Rizaldi membacakan putusan yang isinya mengabulkan permohonan praperadilan Komjen Budi Gunawan.

"Menimbang terhadap bukti-bukti lainnya yang tak memiliki relafansi dengan perkara a quo terhadap bukti-bukti tersebut harus dikesampingkan. Memperhatikan ketentunan Undang-undang no 8 tahun 1981 dan peraturan perudang-undangan yang berkaitan mengadili dalam eksepsi, menolak eksepesi termohon (KPK) seluruhnya," kata Hakim Sarpin, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (16/2).

Sementara, di Istana Bogor, Jokowi tengah mengumpulkan menteri-menterinya dalam agenda rapat terbatas (ratas) kabinet. Pagi tadi, Jokowi yang juga didampingi wapres JK melakukan rapat terbatas masalah pariwisata.

Hadir dalam ratas, Menko PMK Puan Maharani, Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menko Perekonomian Sofyan Jalil, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, dan Mendikbud Anis Baswedan.

Jokowi sebelumnya menegaskan bahwa keputusan terkait calon Kapolri akan segera diputuskan dalam waktu dekat. Di beberapa kesempatan, Jokowi meminta agar masyarakat bersabar menunggu keputusan praperadilan yang diajukan oleh Budi Gunawan. Hari ini Hakim PN Jaksel memutuskan mengambulkan permohonan praperadilan Budi Gunawan, Akankah Jokowi mengeluarkan keputusan melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri hari ini?




@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Permohonan Dikabulkan, Jokowi Lantik Budi Gunawan Hari Ini?